Museum Trowulan

Museum Trowulan merupakah sebuah museum arkeologi yang berada di Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini terletak di tepi barat kolam Segaran.

Trowulan merupakan sebuah lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yaitu sejarah kerajaan Majapahit. Banyak artefak dan temuan arkeologi yang ditemukan di sekitar Trowulan sehingga Museum ini didirikan untuk menyimpan artefak atau temuan arkeologi yang ditemukan.

Karena Trowulan merupakan lokasi kerajaan Majapahit makan kebanyakan dari koleksi museum ini berasal dari masa kerajaan Majapahit, akan tetapi koleksinya juga mencakup berbagai era sejarah di Jawa Timur, seperti masa kerajaan Kahuripan, Kediri, dan Singhasari.

Di antara koleksi museum ini terdapat salah satu koleksi terkenal, yakni arca raja Airlangga yang digambarkan sebagai dewa Wishnu tengah mengendarai Garuda, dari Candi Belahan. Sebuah arca bersayap yang dianggap sebagai perwujudan raja Blambangan legendaris, Menak Jinggo. Bagian dari bangunan candi yang ditemukan dari situs di Ampelgading Malang. Sebuah patung yang menggambarkan kisah Samodramanthana, atau “Pengadukan Lautan Susu” yang terukir sangat indah.

Museum Trowulan merupakan sebuah museum yang memiliki koleksi relik yang berasal dari masa Majapahit terlengkap di Indonesia.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Museum Trowulan

  1. kuliner says:

    Indonesia memang banyak sejarahnya yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s